Banyak orang yang mencari cara mempercepat koneksi wifi. Karena memang kecepatan internet yang lambat sangatlah mengganggu. Mulai dari mencari hiburan hingga bekerja pasti membutuhkan internet cepat.

Internet memang sudah seperti menjadi kebutuhan utama di zaman modern seperti sekarang. Oleh karena itu jika internet terganggu, maka beragam kegiatan yang kamu lakukan juga akan terganggu.

Dengan memahami cara mengatasi masalah internet yang lambat, akan sangat membantu kamu untuk kembali produktif. Kamu juga bisa mencari berbagai hiburan di internet tanpa perlu merasa jengkel dengan gangguan.

Berbagai gangguan dari internet lambat adalah lag ketika bermain game, buffering ketika menonton video di internet hingga website tidak terbuka. Silahkan gunakan beberapa cara ampuh berikut untuk mengatasi masalah tersebut.

Cara Mempercepat Koneksi Windows 10 dengan Flushing DNS

Salah satu penyebab internet lambat adalah koneksi kurang stabil. Untuk mengatasi masalah ini, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah melakukan flushing DNS. Berikut adalah langkah-langkah melakukan flushing DNS.

  1. Klik tombol windows, lalu ketika “command prompt”
  2. Buka aplikasi command prompt dengan klik kanan lalu pilih “Run as administrator”
  3. Ketika “ipconfig/flushdns” tanpa tanda petik
  4. Tekan tombol enter pada keyboard
  5. Tunggu hingga proses selesai
  6. Setelah selesai, ketik “ipconfig/renew” tanpa tanda petik
  7. Tekan enter kembali
  8. Tunggu hingga proses selesai
  9. Tutup command prompt dan coba jalankan internet

Dengan melakukan flushing DNS di atas, seharusnya koneksi internet ke PC atau laptop kamu sudah menjadi stabil. Jika dirasa masih lambat, bisa jadi ada masalah pada penempatan router.

Cara Mempercepat Koneksi Wifi dengan Memindahkan Router

Tahukah kamu bahwa penempatan router sangat berpengaruh pada kecepatan internet. Sehingga hanya dengan memindahkan perangkat ini ke tempat yang tepat, kamu bisa mendapatkan internet cepat.

Baca Juga  Cara Edit Twibbon di PicsArt dengan Mudah Diaplikasikan

Penempatan router yang ideal adalah di tengah rumah. Kamu bisa menempatkan router di ruang tamu ataupun ruang keluarga yang menjadi pusat rumah. Sehingga penyebaran sinyal akan merata ke seluruh ruangan.

Selain itu kamu harus menempatkan router di tempat yang tidak terhalang tembok atau besi. Karena keberadaan tembok atau besi bisa membuat sinyal melemah dan internet menjadi lambat.

Kamu juga perlu memperhatikan posisi antena router. Pastikan posisi antena router berdiri dengan sudut 90 derajat. Dengan begitu router akan lebih mampu menerima dan mengirimkan sinyal internet lebih kuat.

Jika ruangan kamu dengan router terlampau jauh, kamu bisa menggunakan alat bernama repeater. Alat ini memiliki fungsi untuk menangkap dan memancarkan kembali koneksi wifi agar lebih kuat dan cepat.

Mengganti Router Akan Mempercepat Koneksi Wifi

Jika seluruh cara di atas sudah kamu gunakan namun internet masih terasa lambat, maka kemungkinan masalahnya terletak pada kualitas router. Sebab router berkualitas rendah akan memancarkan sinyal wifi yang lemah.

Untuk standar wifi terbaru saat ini adalah 802.11ac. Jika router yang kamu gunakan belum menggunakan standar wifi terbaru tersebut, maka wajar jika kecepatan yang dihasilkan rendah.

Tidak masalah jika kamu harus mengeluarkan sedikit uang untuk membeli router berkualitas baik demi kecepatan internet. Karena internet cepat akan membantu kamu lebih produktif dalam melakukan banyak hal.

Saat hampir semua orang membutuhkan internet untuk melakukan kegiatan mereka. Mulai dari melakukan pekerjaan, menonton film, mendengarkan lagu, menghubungi kerabat hingga bermain game membutuhkan kecepatan internet cepat.

Jika internet menjadi lambat, semua kegiatan tersebut tidak akan bisa dilakukan dengan baik. Oleh karena itu, pastikan kamu memahami cara mempercepat koneksi wifi agar mendapatkan internet yang cepat.

Baca Juga  Cara Download Video TikTok tanpa Watermark
Shares:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *