Scroll untuk baca artikel
InternetSoftwareTutorial

IDM Tidak Muncul di Chrome, Ini Cara untuk Mengatasinya

159
×

IDM Tidak Muncul di Chrome, Ini Cara untuk Mengatasinya

Sebarkan artikel ini
idm extension

IDM Tidak Muncul di Chrome? Banyak orang yang tidak tahu cara mengatasi idm tidak muncul di Chrome. Padahal aplikasi yang satu ini sangat memudahkan untuk mendownload berbagai konten di internet.

Sudah bukan rahasia lagi bahwa internet adalah tempat mencari hiburan terbaik. Mulai dari ilustrasi keren, musik hingga film bisa ditemukan di internet. Terkadang akan muncul keinginan untuk menyimpan hiburan tersebut.

Dengan menggunakan IDM, kamu bisa lebih mudah untuk menyimpan konten-konten tersebut. Selain itu, IDM juga dapat membuat kecepatan download lebih tinggi. Sehingga konten dengan ukuran besar dapat lebih cepat didownload.

Namun sering kali terjadi masalah yaitu tidak munculnya IDM di google chrome. Tidak perlu khawatir jika kamu mengalami masalah tersebut. Karena di dalam artikel kami akan membahas cara mengatasinya.

Hilangnya IDM Integration Module Adalah Penyebab Masalahnya

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi masalah ini, sebaiknya kamu perlu mengetahui penyebabnya. Ternyata sebenarnya penyebab dari masalah ini sangatlah sederhana. Yaitu hilangnya ekstensi IDM di Chrome.

Ekstensi tersebut berfungsi untuk mengintegrasikan IDM dengan perangkat browser yang kamu gunakan. Jika ekstensi tersebut hilang dari chrome, maka wajar jika kamu tidak bisa menggunakan aplikasi ini.

Untuk melihat apakah ekstensi tersebut ada di chrome atau tidak sangatlah mudah. Silahkan ikuti langkah berikut ini untuk mengetahui apakah ekstensi IDM tersebut berada di chrome atau menghilang.

  1. Buka Chrome
  2. Klik titik tiga di halaman chrome
  3. Klik “more tools”
  4. Pilih “Extensions”
  5. Selanjutnya akan terbuka tab yang menunjukkan ekstensi
  6. Carilah ekstensi IDM atau bisa klik link IDM Integration Module ini https://chrome.google.com/webstore/detail/idm-integration-module/ngpampappnmepgilojfohadhhmbhlaek
  7. Jika tidak ada, artinya ekstensi tersebut sudah menghilang

Cara Menambahkan Ekstensi IDM Di Chrome

Baca Juga  Cara Mengubah Format Dokumen Word ke PDF secara Mudah

Sekarang kamu telah mengetahui penyebab masalah hilangnya IDM dari chrome. Maka untuk menyelesaikan masalah tersebut, kamu hanya perlu menambahkan ekstensi tersebut. Sehingga dengan begitu IDM akan kembali dapat digunakan.

Sebenarnya ekstensi IDM seharusnya sudah terpasang ketika kamu menginstall IDM. Namun dalam beberapa kasus, ekstensi tersebut bisa hilang. Salah satu penyebabnya adalah ketika kamu melakukan update chrome.

Dalam beberapa kasus, ekstensi yang berada di dalam chrome akan hilang jika kamu melakukan update. Maka untuk mengatasinya, kamu bisa memasang kembali ekstensi tersebut secara manual.

Tidak perlu bingung mengenai bagaimana cara mendapatkan ekstensi tersebut. Karena kamu sudah memilikinya ketika melakukan download IDM. Berikut adalah cara memasang ekstensi IDM secara manual.

  1. Buka Chrome
  2. Klik titik tiga di halaman chrome
  3. Klik pada tab “more tools”
  4. Pilih “Extensions”
  5. Selanjutnya akan terbuka tab yang menunjukkan ekstensi
  6. Buka folder tempat kamu menyimpan IDM
  7. Carilah file “IDMGExt.crx”
  8. Selanjutnya drag file tersebut ke halaman ekstensi di Chrome
  9. Klik continue
  10. Aktifkan ekstensi dengan menekan toogle pada ekstensi tersebut
  11. Selesai

Pastikan kamu menggunakan IDM terbaru agar ekstensi dapat dipasang ke dalam chrome. Karena chrome akan menolak untuk memasang ekstensi jika kamu tidak menggunakan IDM versi terbaru.

Sudah sewajarnya jika kamu ingin melakukan download berbagai konten menarik di internet. Untuk mempermudah dan mempercepat proses download, kamu bisa menggunakan aplikasi Internet Download Manager.

Aplikasi IDM sudah menjadi pilihan favorit banyak orang untuk melakukan download konten dari internet. Karena selain penggunaannya yang mudah, kamu juga bisa menggunakannya secara gratis.

Namun terkadang, aplikasi tersebut tidak muncul sehingga tidak bisa digunakan. Saat ini kamu tidak perlu khawatir jika masalah tersebut terjadi. Karena kamu sudah mengetahui cara IDM di Chrome.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *