Scroll untuk baca artikel
SoftwareTutorial

Cara Mengatasi Chrome Lemot yang Bikin Emosi

111
×

Cara Mengatasi Chrome Lemot yang Bikin Emosi

Sebarkan artikel ini
chrome lemot

Google Chrome merupakan salah satu browser yang paling populer di dunia saat ini. Banyak orang yang mengandalkan browser ini untuk menjelajahi internet, baik untuk bekerja, belajar, atau sekadar hiburan. Namun, ada kalanya Chrome lemot, lambat, atau bahkan hang. Hal ini tentu saja sangat mengganggu dan bikin emosi. Apalagi jika kita sedang buru-buru atau tengah menyelesaikan tugas penting.

Lalu, apa itu Chrome lemot? Kenapa Chrome menjadi lemot? Apa penyebabnya? Dan bagaimana cara mengatasinya? Yuk, simak ulasannya!

Apa sih itu Chrome Lemot?

apa itu chrome lemot

Google Chrome lemot adalah istilah yang digunakan ketika browser Google Chrome berjalan dengan kecepatan yang lebih lambat dari biasanya. Ini bisa terjadi karena berbagai alasan, seperti terlalu banyak tab yang dibuka, terlalu banyak ekstensi yang diinstal, atau cache yang menumpuk.

Penyebab Chrome Lemot

Sebelum kita membahas cara mengatasi Google Chrome lemot, kita harus tahu dulu apa saja penyebabnya. Ada beberapa faktor yang bisa membuat Chrome menjadi lemot, antara lain:

· Terlalu banyak membuka tab

Salah satu penyebab paling umum Chrome lemot adalah terlalu banyak membuka tab. Kita sering kali membuka banyak tab sekaligus. Padahal, semakin banyak tab yang dibuka, semakin banyak memori yang digunakan Chrome. Akibatnya, Chrome menjadi berat dan lambat.

· Terlalu banyak menginstall ekstensi

Ekstensi adalah program kecil yang bisa ditambahkan ke Chrome untuk menambah fungsionalitasnya. Ekstensi memang berguna, tapi jika kita terlalu banyak menginstallnya, bisa jadi malah bikin Chrome lemot. Pasalnya, ekstensi juga menggunakan memori dan sumber daya Chrome. Apalagi jika ekstensi yang kita install tidak terpercaya atau bermasalah. Bisa-bisa Chrome malah kena virus atau malware.

· Terlalu banyak aplikasi terbuka

Selain Chrome, kita juga sering membuka aplikasi lain di komputer kita. Jika membuka terlalu banyak aplikasi, maka komputer akan menjadi berat dan lemot. Hal ini tentu saja berpengaruh juga pada kinerja Chrome. Jadi, Chrome akan kesulitan untuk berjalan lancar jika komputer sudah penuh sesak dengan aplikasi lain.

· Membiarkan cache menumpuk

Cache adalah data sementara yang disimpan Chrome saat kita mengunjungi sebuah situs. Namun, jika cache terlalu banyak menumpuk, bisa jadi malah bikin Chrome lemot. Pasalnya, cache akan memakan ruang penyimpanan dan memori Chrome. Hal ini bisa menyebabkan Chrome mengalami error atau crash.

Baca Juga  Tutorial Mengatur Ukuran Kertas F4 pada Word dan Excel

· Versi Google Chrome kadaluarsa

Google Chrome selalu mengeluarkan update terbaru untuk memperbaiki bug, meningkatkan keamanan, dan menambah fitur. Jika kita tidak mengupdate Chrome secara berkala. Hal ini bisa membuat Chrome menjadi lemot, karena tidak sesuai dengan standar terkini.

· Penggunaan tema berlebihan

Tema adalah fitur yang bisa kita gunakan untuk mengubah tampilan Chrome sesuai dengan selera kita. Namun, jika kita menggunakan tema yang terlalu berat atau banyak, bisa jadi bikin Chrome lemot. Pasalnya, tema juga menggunakan memori dan sumber daya Chrome. Apalagi jika tema yang kita gunakan tidak kompatibel atau bermasalah dengan Chrome.

· Koneksi dibatasi

Koneksi internet yang kita gunakan bisa berpengaruh pada kecepatan Chrome. Jika koneksi kita lambat, terputus, atau dibatasi, maka Chrome akan kesulitan untuk mengakses situs-situs yang kita inginkan. Hal ini bisa membuat Chrome menjadi lemot.

Nah, itu dia beberapa penyebab kenapa Chrome lemot yang sering terjadi. Tentu saja, ada juga penyebab lain yang mungkin jarang terjadi. Namun, kita tidak akan membahasnya di sini, karena terlalu teknis dan rumit. Kita akan fokus pada cara mengatasi Chrome lemot yang lebih mudah dan praktis.

Cara Mengatasi Chrome Lemot yang Bikin Emosi

cara atasi chrome lemot

Setelah kita tahu penyebab Chrome lemot, sekarang kita akan membahas cara mengatasi chrome lemot. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk membuat Chrome menjadi lebih cepat dan lancar, antara lain:

1. Restart Chrome

Caranya, kita tinggal menutup semua tab dan jendela Chrome, kemudian membukanya kembali. Atau, kita bisa menggunakan fitur Reset and clean up yang ada di menu Settings Chrome¹. Fitur ini akan mengembalikan Chrome ke setelan defaultnya, sehingga Chrome akan berfungsi seperti baru.

2. Kurangi membuka tab

Caranya, Kita harus mengurangi kebiasaan membuka terlalu banyak tab sekaligus. Kita hanya perlu membuka tab yang benar-benar kita butuhkan, dan menutup tab yang tidak penting. Dengan begitu, kita bisa menghemat memori dan sumber daya Chrome. Jika kita ingin membuka tab yang sama di kemudian hari, kita bisa menggunakan fitur Bookmark atau History yang ada di Chrome.

3. Nonaktifkan atau hapus ekstensi

Caranya, kita bisa membuka menu Extensions yang ada di Chrome, kemudian memilih ekstensi yang ingin kita nonaktifkan atau hapus. Dengan begitu, kita bisa mengurangi beban Chrome dan menghindari masalah yang mungkin ditimbulkan oleh ekstensi. Jika kita ingin mengaktifkan kembali ekstensi yang kita nonaktifkan, kita tinggal mengklik tombol toggle yang ada di samping nama ekstensinya.

Baca Juga  7 Aplikasi Edit Video di PC dengan Fitur Lengkap

4. Tutup aplikasi latar

Caranya, kita bisa membuka Task Manager yang ada di komputer kita, kemudian memilih aplikasi yang ingin kita tutup. Dengan begitu, kita bisa membuat komputer kita menjadi lebih ringan dan cepat. Hal ini tentu saja berpengaruh juga pada kinerja Chrome. Chrome akan berjalan lebih lancar jika komputer kita tidak terlalu berat.

5. Bersihkan cache

Caranya, kita bisa membuka menu Settings yang ada di Chrome, kemudian memilih Privacy and security. Di sana, kita bisa memilih Clear browsing data, dan memilih data yang ingin kita hapus. Data yang perlu kita hapus adalah Cached images and files, Cookies and other site data, dan Hosted app data. Dengan begitu, kita bisa mengosongkan ruang penyimpanan dan memori Chrome. Hal ini bisa membuat Chrome menjadi lebih ringan dan cepat.

6. Update Chrome

Caranya, kita bisa membuka menu Settings yang ada di Chrome, kemudian memilih About Chrome. Di sana, kita bisa melihat versi Chrome yang kita gunakan, dan apakah ada update yang tersedia. Jika ada, kita bisa mengklik tombol Relaunch untuk mengupdate dan merestart Chrome. Dengan begitu, kita bisa mendapatkan fitur, keamanan, dan kinerja terbaik dari Chrome.

7. Ubah tema

Caranya, kita bisa membuka menu Settings yang ada di Chrome, kemudian memilih Appearance. Di sana, kita bisa memilih tema yang ingin kita gunakan, atau mengembalikan ke tema default. Dengan begitu, kita bisa mengurangi beban Chrome dan menghindari masalah yang mungkin ditimbulkan oleh tema. Jika kita ingin menggunakan tema yang lebih ringan dan menarik, kita bisa mencari tema yang tersedia di Chrome Web Store.

8. Periksa koneksi

Caranya, kita bisa membuka situs yang bisa menguji kecepatan internet, seperti Speedtest. Di sana, kita bisa melihat berapa kecepatan download, upload, dan ping internet kita. Jika kecepatan internet kita rendah, maka maka kita bisa mencoba untuk menonaktifkan VPN, proxy, atau firewall yang kita gunakan.

Demikianlah artikel yang kami buat tentang cara mengatasi Chrome lemot yang bikin emosi. Semoga artikel ini bermanfaat dan menghibur bagi Anda. Jika Anda memiliki saran, kritik, atau pertanyaan, silakan tulis di kolom komentar di bawah. Terima kasih dan selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *