Mengatur Ukuran Kertas F4

Tutorial Mengatur Ukuran Kertas F4 pada Word dan Excel

Untuk mengetahui ukuran kertas f4 di word, kamu tinggal lihat pada menu format dan arahkan kursor ke ukuran kertasnya. Lembar kerja tersebut kerap digunakan untuk berbagai keperluan, selain tentu saja ada beberapa macam lagi size dokumen lainnya, seperti A4.

Antara F4 dan A4, keduanya paling sering digunakan baik untuk kepentingan pendidikan maupun pekerjaan. Dua-duanya memiliki standar size ISO sehingga setiap perangkat pasti akan menampilkan penggambaran serupa, terlebih ketika mencetak dokumen tertentu.

Dalam setiap software, ternyata satuannya tidak sama. Pada word, lebih sering menggunakan satuan inci maupun cm. Sementara ada juga software yang lebih menggunakan ukuran milimeter atau mm. Semua dapat diatasi dengan konversi satuan.

Sebelum ada ukuran kertas f4 di word, ada juga ukuran kertas dari A1 sampai dengan A7 dengan berbagai size berbeda. Sebenarnya untuk mengaplikasikan size kertas, tinggal klik saja. Namun, ada beberapa software yang mengharuskan kamu mengaturnya secara manual.

Mengatur Ukuran Kertas F4 di Excel

Ketika membuka microsoft word maupun excel, sudah tersedia pilihan kertas, salah satunya F4. Namun, meskipun umumnya sudah tersedia otomatis, ada beberapa perangkat belum menyediakannya begitu saja.

Baca Juga  Cara Mendaftar DANA Premium dengan Mudah dan Cepat
Mengatur Ukuran Kertas F4 di Excel
Source Image : komputertips.com

 

Jika demikian, maka yang harus kamu lakukan adalah mengikuti tutorial berikut guna mendapatkan ukuran kertas f4 di excel secara akurat:

  1. Buka aplikasi microsoft excel pada perangkat.
  2. Pada bagian atas tersedia pilihan menu page layout, pilih itu.
  3. Arahkan opsi ke size untuk melanjutkan tahapan selanjutnya.
  4. Untuk menggunakan ukuran kertas yang dimaksud, kamu bisa memilih folio.
  5. Setelahnya atur posisi folio dalam bentuk berdiri atau miring. Istilahnya portrait atau landscape.
  6. Jika semua pengaturan sudah selesai disetting maka tinggal klik Ok.
  7. Selesai.

Kenapa pilihannya jatuh pada jenis folio? karena kertas F4 ini ternyata memiliki penyebutan lain, yaitu folio. Jadi, ketika membuka microsoft excel dan kamu tidak menemukan ukuran yang dicari, maka coba cari lagi dalam kata kunci berbeda, yakni folio.

Tutorial pengaturan ini penting, terutama bagi pekerja di bidang keuangan dengan intensitas tinggi berhadapan dengan microsoft excel. Pengaturan secara tepat akan mempermudah proses print ukuran f4 dari aplikasi microsoft excel.

Pengaturan F4 Letter pada Word

Sementara itu, pada microsoft word, supaya hasil cetak ukuran f4 tidak gagal, kamu juga perlu melakukan pengaturan. Beberapa langkah yang harus dilakukan untuk pengaturan ini meliputi:

Baca Juga  Ini Bocoran Harga iPhone 13 Series Terbaru dari Apple

Atur F4 di Word

  1. Buka aplikasi microsoft word dari perangkatmu.
  2. Pergi ke menu page layout.
  3. Arahkan kursor ke pilihan menu size.
  4. Pilih opsi terbawah atau pilihan banyak kertas lainnya.
  5. Pilih tab paper kemudian atur masing-masing kolom menjadi 21,59 untuk width, 33 untuk height dalam ukuran cm. Jika ukurannya inci maka angkanya menjadi 8,5×13.
  6. Klik Ok.
  7. Selesai

Page Setup Kertas F4

Pengaturan pada microsoft word memang sedikit lebih rumit, namun kamu harus tahu karena pasti dibutuhkan dalam situasi tertentu. Apalagi jika pekerjaanmu berhubungan dengan kedua aplikasi microsoft office tersebut.

Penggunaan microsoft word maupun microsoft excel banyak dimanfaatkan oleh para karyawan maupun pelajar. Pekerja kantor yang banyak berhadapan dengan layar komputer, seperti contohnya sekretaris pasti tidak asing dengan dua jenis microsoft office ini.

Untuk pengaturan berbagai jenis kertas lainnya tinggal menyesuaikan dengan masing-masing ketentuan. Informasi di atas berlaku untuk dua jenis aplikasi microsoft office yang kaitannya erat dengan pengurusan dokumen.

Kamu sangat dimudahkan ketika pengaturan secara otomatis tersedia. Jika tidak, maka tutorial mengatur ukuran kertas f4 adalah informasi yang bermanfaat.