Cara membuat animasi mudah
Image by Bloop Animation

7 Aplikasi Membuat Animasi Gratis Terbaru

Memahami cara membuat animasi akan sangat membantu kamu yang aktif bersosial media dan ingin tampil lebih keren. Karena dengan begitu feed media sosialmu menjadi lebih menarik dan keren saat dilihat.

Animasinya tersebut bisa juga difungsikan untuk karya baru sebagai konten Youtube. Jadi ada banyak keuntungan kamu dapat jika mahir menciptakan animasi secara online. Salah satunya bisa mendapat kemudahan meraih pekerjaan.

Keahlian tersebut mampu membuka peluang yang besar agar diterima bekerja oleh perusahaan multimedia. Tidak perlu kursus berbayar, kamu bisa mempelajari cara membuat video animasi secara gratis. Sehingga lebih praktis metode pembelajarannya.

Salah satunya kamu bisa memanfaatkan aplikasi pendukungnya. Sehingga kamu bisa belajar sendiri secara otodidak untuk membuatnya lewat software tersebut. Dengan begitu hasilnya pasti akan memuaskan dan membuat kemampuanmu semakin terasah.

7 Aplikasi Membuat Animasi Online

Tutorial menciptakan gambar bergerak semakin beraneka ragam di internet. Lebih cepat hasilnya karena langsung download dan bisa disimpan. Kamu juga dapat langsung membagikannya ke berbagai platform. Berikut 7 aplikasi pendukungnya:

Flipaclip

Flipaclip

FlipaClip: Zeichentrickfilm
FlipaClip: Zeichentrickfilm

Flipaclip merupakan aplikasi favorit para pengguna smartphone Android. Pengguna awam yang baru mengenal aplikasi ini tidak akan kesulitan menggunakannya. Karena user interface sangat simple untuk pembuatan sketsa, storyboard, dan animasi.

Baca Juga  Beberapa Aplikasi Karaoke Penghasil Uang yang Terpercaya

Software ini mendukung penggunaan pada semua tipe smartphone dan tablet. Hasilnya dapat diekspor secara langsung ke media sosial. Misalnya seperti IG, FB, TikTok dan lainnya dalam format MP4 dan GIF.

Draw Cartoons 2

Draw Cartoons 2

Draw Cartoons 2
Draw Cartoons 2
Price: Free+

Draw Cartoons 2 menjadi pilihan tepat sebagai cara membuat animasi bergerak. Cocok untuk yang tidak mau repot meng-create gambar sendiri. Di sini sudah ada template karakter gratis yang dapat digunakan.

Stick Nodes

Stick Nodes

Stick Nodes: Stickman Animator
Stick Nodes: Stickman Animator
Developer: Unknown
Price: Free

Familiar dengan Stickman? Kini kamu bisa membuat karakternya menggunakan Stick Nodes. Cukup gerakkan stickman dalam setiap frame, namun fitur didalamnya cukup kompleks. Bisa digunakan untuk Android 4.1 ke atas.

Pencil2D Animation

Pencil2D Animation
Image by Pencil2D

 

Aplikasi ini juga dapat kamu terapkan sebagai cara membuat film animasi. Sangat support untuk laptop dan PC. Pengoperasian fiturnya sangat mudah, cocok bagi pecinta komik karena dapat membuat karyanya sendiri.

Downloadnya gratis, dapat digunakan secara multiform untuk Windows, Linux bahkan untuk  MacOS. Sebaiknya kamu tidak menggunakan smartphone untuk aplikasi ini sebab membutuhkan memori hingga 2GB. Jadi tidak semua smartphone support.

Baca Juga  Cara Mendaftar Dompet Digital DANA dengan Cepat dan Aman

Membuat animasi di Animaker

Animaker
Image by Animaker.com

 

Cara membuat film animasi juga dapat kamu terapkan melalui Animaker. Ada berbagai jenis video yang bisa dihasilkan. Yaitu Infografik, animasi 2D, whiteboard, typography serta masih banyak lagi. Sehingga lebih bervariasi.

Synfig Studio

Synfig Studio
Image by Synfig

 

Tidak perlu berlangganan untuk menggunakan Synfig Studio. Meski user interface-nya masih jadul, namun sudah disediakan tutorial cara pengoperasiannya sehingga dapat diikuti oleh pemula di laman resminya.

Kalau kamu berniat menjadi Youtuber handal, manfaatkan Synfig Studio. Didalamnya terdapat fitur Vektor, Tweening, Layer and Filter serta Bone Movement. Fitur tersebut menghasilkan gambar dan menggerakkannya.

Membuat animasi pada Software Blender

Blender
Image by Blender.org

 

Populer dan multiform, Blender banyak digunakan para pro untuk menghasilkan video berkualitas. Memakan memori hingga 16GB, kamu harus mempertimbangkan perangkat yang lebih proper untuk dapat mengoperasikannya secara langsung memakai Blender.

Kamu bisa membuat klip dari kumpulan gambar sesuai keinginan. Blender mampu menghasilkan 3D modelling, game dan motion tracking lebih bagus. Kamu bisa menggunakan Blender pada platform Windows, MacOS dan Linux.

Jadi dengan mengenal software di atas, hal ini cukup membantumu agar bisa menciptakan video gambar bergerak lebih praktis. Karena dengan menggunakannya, kamu bisa belajar cara membuat animasi 3D lebih mudah.