Cara menggunakan Find mydevice

Menggunakan Find MyDevice untuk Lacak HP Hilang

Tentunya langkah pertama ketika ponsel hilang adalah dengan mencoba mencari dengan Find Mydevice. Pelacakan tersebut diharapkan mampu memberi tahu lokasi persisnya, sehingga bisa didatangi untuk diambil kembali HPnya.

Fitur ini bermanfaat bagi Anda yang suka menempatkan perangkat secara sembarangan atau ketika secara tidak sengaja terjatuh bahkan diambil oleh orang tak bertanggung jawab. Dengan demikian sebelum dimanfaatkan untuk kepentingan buruk, bisa diminta kembali ponselnya.

Namun belum banyak yang menyadari bahwa Google telah menyediakan fitur lacak ini. Fiturnya sendiri sudah lama dimunculkan, namanya adalah “Find MyDevice”. Memang fokus utamanya adalah melacak posisi, tetapi ada banyak fitur pendukungnya.

Manfaat Find MyDevice bagi Anda

Perangkat seperti ponsel kini sudah melekat dan menjadi bagian hidup manusia. Mulai dari bangun tidur terekam dalam perangkat ponselnya. Karenanya menjaga perangkat tersebut agar tidak jatuh ke orang yang salah, berikut beberapa manfaat lainnya.

1. Melacak dan Mengetahui Posisi dengan Cepat

Tentu keinginan ketika ponsel hilang adalah dengan mencarinya terlebih dahulu, bisa jadi hanya tertinggal di kantor atau lupa menaruhnya saja. Bisa mencari secara manual, tetapi akan cukup memakan waktu, karenanya bisa melalui teknologi pencarian ini.

Baca Juga  Begini Cara Membuat Poster Kreatif di Laptop dan Ponsel

Tingkat akurasinya memang tidak terlalu tinggi, tetapi setidaknya mampu memberitahukan lokasi yang mengerucut di mana ponselnya. Namun ini harus dipastikan ponselnya memiliki jaringan internet dan masih terhubung dengan akun Anda.

2. Menonaktifkan atau Menghapus data Perangkat

Apabila ternyata didapati bahwa ponselnya tercuri, Anda bisa menghapus atau mengunci perangkatnya dari jarak jauh. Harapannya adalah pencurinya tidak bisa melakukan eksplorasi data yang ada di ponsel dan ponselnya tidak dapat digunakan untuk kepentingan buruk.

Cara nonaktifkan atau menghapusnya adalah dengan memilih “hapus perangkat”. Sehingga data – datanya akan terhapus secara permanen. Disarankan untuk melakukan back up data secara berkala, agar ketika hal ini terjadi Anda masih punya back up.

3. Privasi Menjadi Lebih Terjaga

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, seluruh aktivitas harian dapat tercatat, salah satunya melalui penggunaan berbagai aplikasi. Terlebih apabila mampu mengakses akun google, catatan aktivitas penggunaan aplikasi dan pencarian bisa terlihat semua.

Apabila ponsel jatuh ke tangan orang tidak tepat, tentunya data – data tersebut dapat dimanfaatkan. Oleh karenanya sangat bijak apabila memasang berbagai sistem pengaman data, seperti Find MyDevice ini.

Baca Juga  Begini Cara Download Sertifikat Vaksin Tahap 1 dan 2 Mudah dan Aman

Cara Memasang Find MyDevice di Perangkat HP

Tidak sulit untuk memasang fitur pelacakan ponsel ini, tinggal memastikan perangkat sudah ter log ini ke akun Google. Selain itu layanan pembagian lokasi juga harus sudah dihidupkan, lokasi ini akan membantu mencari keberadaan perangkatnya agar lebih akurat.

Langkah kedua adalah dengan mengunjungi laman Google untuk mencari tahu informasi terkait kondisi ponselnya. Masuk ke portal android.com/find, kemudian pilihlah ponsel yang hendak dicari keberadaannya.

Langkah ketiga, pastikan ponselnya memenuhi persyaratan untuk menggunakan aplikasi tersebut. Persyaratannya di antaranya adalah manyala, terlihat di google play, terhubung internet, dan mengaktifkan aplikasinya.

Langkah keempat adalah memasang aplikasi mobilenya, lakukan registrasi terlebih dahulu kemudian selesaikan proses penyetelan pelacakannya. Seharusnya ponsel sudah terhubung dan hilang, bisa langsung dilacak, menggunakan HP lain atau laptop.

Mencegah Kehilangan HP dengan Find Mydevice

Meskipun aplikasinya sudah terpasang, tetapi harus tetap berhati – hati, mengingat ketika hilang belum tentu bisa terlacak. Syarat – syarat ketentuannya harus sudah terpenuhi terlebih dahulu. Apabila belum tetap sulit melacaknya.

Karena generasi muda tidak bisa dipisahkan dari ponselnya, memasang aplikasi untuk melacak HPnya bisa menjadi salah satu peningkatan keamanan privasi. Karena adanya fitur lacak HP bisa membantu menemukan perangkat apabila hilang atau tertinggal.