Cara membuka whatsapp web
Image by Whatsapp

Cara Mudah Menggunakan Whatsapp Web dan Membukanya

Perpesanan sudah menjadi kebutuhan untuk berkomunikasi di media digital, salah satu aplikasi perpesanan populer di Indonesia adalah Whatsapp Web. Messanger ini populer karena mudah digunakan dan dapat mengirim berbagai jenis pesan.

Berbagai kalangan dan profesi menggunakan media pengiriman pesan digital ini, mulai dari siswa sekolah, pegawai, anak muda, bahkan sampai pemilik bisnis. Popularitasnya semakin meningkat ketika ternyata bisa diakses menggunakan dekstop.

Pemberian akses versi dekstop ini memudahkan berbagai pihak, seperti pengusaha untuk mengirimkan katalog produknya atau pelajar yang hendak mengirimkan berbagai jenis tugas serta revisinya. Namun masih sedikit yang tahu cara mengakses dan menggunakannya.

Langkah Mudah Login Whatsapp Web

barcode whatsapp web

Salah satu keunggulan menggunakan versi web atau dekstopnya adalah karena lebih memudahkan memeriksa perpesanan ketika sedang bekerja menggunakan laptop atau PC. Memeriksa ponsel secara berkala cenderung kurang efektif dan mengganggu konsentrasi.

Cara masuk atau log in ke WA webnya, sedikit berbeda dibandingkan ketika log in di perangkat ponsel. Ada dua cara untuk bisa menggunakan WA di dekstop, pertama menggunakan browser atau kedua menggunakan aplikasi resmi.

Baca Juga  Begini Cara Uninstall Aplikasi di laptop Lengkap dan Mudah

1. Log in Menggunakan Browser

Cara ini paling sederhana dan mudah, karena tidak perlu mengunduh dan menginstall aplikasi tambahan. Pertama kamu membuka browsernya, bisa menggunakan firefox, chrome, atau menggunakan Microsoft Edge.

Buka laman Web.Whatsapp.com, kamu akan disambut dengan code QR. Untuk log in, tinggal melakukan scan pada QR tersebut. Langkah scannya adalah ambil ponsel kamu, kemudian masuk ke menu setting (atau titik tiga di pojok atas), ketuk Whatsapp Web Scan.

Arahkan kamera ke QR yang tertera di layar dekstop, tunggu beberapa saat hingga dekstop bereaksi. Apabila scan berhasil, maka secara otomatis perpesanan kamu terbuka di layar dekstop. Bisa langsung digunakan untuk menerima dan mengirim pesan.

2. Log in Menggunakan Aplikasi Whatsapp

Cara kedua adalah dengan menggunakan aplikasi Whatsapp, caranya dengan mengunduhnya terlebih dahulu kemudian menginstallnya. Setelah proses instalasi berhasil, bukalah aplikasinya maka kamu akan disambut dengan QR seperti ketika menggunakan di browser.

Lakukan langkah yang sama, yaitu scan kode QRnya, kemudian secara otomatis akan bisa mengirim dan menerima pesan. Meskipun rumit, keunggulannya adalah bisa melakukan panggilan telepon maupun video, versi browser tidak mendukung panggilan.

Cara Menggunakan Whatsapp Web dengan Mudah

Sebenarnya cara menggunakannya tidak jauh berbeda dengan versi aplikasi ponsel, yaitu ketika sudah berhasil log in, tinggal menggunakannya untuk menerima dan mengirim pesan. Tetapi terkadang ada kendala.

Baca Juga  Apa Itu Domain, Tips Membeli Domain dan Hosting Murah

1. Satu Akun Hanya Bisa Satu Perangkat Dekstop

Berbeda dengan media perpesanan lainnya, WA hanya ekslusif satu perangkat saja. Hal ini menjadi keunggulan dan kelemahannya. Unggul karena dengan demikian mampu mencegah orang tak bertanggung jawab mengakses WAnya.

Menjadi kelemahan karena setiap kali berganti perangkat dekstop harus melakukan log in secara manual kembali. Tidak bisa langsung digunakan untuk mengirim atau menerima perpesanan. Sehingga terkadang kurang praktis.

2. Harus Terkoneksi dengan Internet

Untuk bisa menggunakannya, kedua perangkat harus terkoneksi ke internet. Sehingga meskipun sudah bisa log in, tetapi bila salah satu perangkatnya tidak memiliki koneksi internet atau mati, tidak bisa digunakan mengirim dan menerima pesan.

3. Pastikan Log Out Jika Selesai Menggunakannya Whatsapp Web

Fitur log out otomatis belum disediakan, sehingga harus log out secara manual. Caranya tinggal ke setting, kemudian pilih “keluar”. Bisa juga menonaktifkan device selain ponsel, melalui pengaturan di WA ponselnya.

Mengirim pesan kini semakin cepat dan murah, tinggal membeli paket internet bisa berkirim kabar atau dokumen. Kehadiran Whatsapp Web juga mempermudah proses komunikasinya, terutama bagi yang suka bekerja menggunakan laptop atau PC.