Kapan windows 11 rilis
Screenshot by Windows on Youtube

Informasi Kapan Rilisnya Windows 11 dan Cara Installnya

Kapan Rilisnya Windows 11? Sudah lebih dari 6 tahun sistem operasi Windows 10 di rilis, kini sudah saatnya kamu mempertimbangkan untuk download Windows 11. Setelah informasi akan dirilisnya sistem operasi ini, kini Microsoft sudah memberikan kepastian tentang OS barunya.

Ada banyak perbedaan mencolok dari versi 10 ke versi 11nya, mulai dari penampilannya hingga kinerja sistemnya. Secara visual, UInya sudah didesain menjadi semakin sederhana dan tertata rapi. Taksbarnya juga mengalami modifikasi menjadi lebih elegan.

Selain dari penampilan, multitaskingnya juga dikembangkan untuk lebih memudahkan pengguna agar semakin cepat dalam bekerja. Selain itu, sistem operasi ini merupakan yang pertama mendukung berbagai aplikasi android secara langsung.

Informasi Seputar Rilisnya Update Windows 11

Bulan Juli sudah hampir berakhir, menandakan bahwa sudah semakin mendekati perilisan sistem operasi baru Microsoft ini. Memang tanggal pastinya masih belum diumumkan, tetapi berdasarkan petunjuk kemungkinan akan rilis sekitar bulan Oktober.

Dugaan ini tidaklah berupa spekulasi tanpa pendasaran, tetapi berdasarkan beberapa potong informasi yang tersedia. Mulai dari petunjuk bahwa perilisan pembaruannya berjalan secara bertahap, ada obrolan mengenai musim panas, dan beberapa konten pemasarannya.

Baca Juga  Memahami Bisnis Afiliasi Serta Daftar 10 Afiliasi Terbaik

Meski demikian, tidak seluruh pengguna Windows 10 mampu menikmati pembaruannya secara serentak. Microsoft berusaha memprioritaskan perangkat yang telah kompatibel terlebih dahulu. Seluruh pengguna dapat melakukan pembaruan secara bertahap hingga tahun 2022.

Kabar baik Kapan Rilisnya Windows 11

Kabar baiknya adalah pembaruan ini bisa dilakukan secara gratis oleh seluruh penggunanya, namun ada beberapa persyaratan perangkat yang harus dipenuhi. Hal ini dibutuhkan untuk menjalankan berbagai program dan fitur yang tersedia di Windows 11nya.

Persyaratan tersebut melingkupi RAM 4 GB, Memori 64 GB (minimal), Graphics card harus sudah kompatibel dengan DirectX 12, dan Display sudah lebih dari 9” serta mampu menampilkan 8 bit warna per channel.

Selain itu juga harus sudah terpasang TPM versi 2.0. TPM ini adalah sebuah hardware dan firmware untuk mengamankan perangkat dari peretasan. Sehingga ketika terdapat serangan kepada perangkat, seluruh data akan terekskripsi dan tidak bisa melakukan booting.

Untuk bisa memeriksa kompatibillitasnya, kamu bisa memeriksa perangkat secara manual atau menggunakan aplikasi PC Health Check App yang disediakan oleh Microsoft. Untuk memeriksa secara manual bisa menggunakan dxdiag.

Cara Menginstall Windows 11 Pada Perangkat kamu

Microsoft sudah mengonfirmasi bahwa seluruh pengguna Windows 10 bisa melakukan pembaruan ke versi 11 secara gratis. Namun harus menunggu sedikit lebih lama, kemungkinan baru rilis setahun mendatang atau sekitar pertengahan 2022.

Baca Juga  IDM Tidak Muncul di Chrome, Ini Cara untuk Mengatasinya

Cara install atau pembaruannya tidaklah sulit, pertama adalah dengan memastikan perangkatnya kompatibel terlebih dahulu. Cek menggunakan PC Health Check App atau memeriksa secara manual. Setelah itu ada beberapa cara untuk bisa mencoba Windows versi 11 ini.

1. Melakukan Pembaruan Ketika Tersedia

Microsoft akan merilis secara luas dan gratis untuk seluruh pengguna secara bertahap melalui sistem Windows Update. Tinggal menunggu tanggal rilis resminya, kemudian periksalah, apakah sudah tersedia pembaruannya.

Jika sudah tersedia tinggal mengunduhnya hingga selesai, setelah itu sistem akan melakukan pembaruannya secara otomatis. Jangan lupa backup datanya terlebih dahulu, gunakan sistem cloud jika kesulitan mencari media penyimpanan.

2. Membeli Perangkat Baru dengan Windows 11nya sudah Ter-build-In

Cara tercepat untuk bisa menikmati versi baru ini adalah dengan membeli perangkat keluaran baru, terlebih di bulan Oktober atau ke atasnya. Perangkat tersebut biasanya sudah terpasang windowsnya, sehingga tidak perlu melakukan pembaruan.

3. Tetap Menggunakan Versi 10

Pembaruan bersifat opsional, kamu masih bisa menggunakan versi 10nya, namun layanannya akan dihentikan tahun 2025. Tetap mempertahankan versi 10 ini memberi keuntungan, seperti bisa melihat performanya terlebih dahulu serta pembaruannya lebih stabil.

Pengumuman dari Microsoft tentang dirilisnya sistem operasi baru ini membuat banyak pihak ingin segera untuk menggunakannya. Apabila kamu ingin segera mencobanya, cobalah membeli laptop windows 11 yang akan rilis musim gugur ini.