5G Rilis di Indonesia
Image by mohamed Hassan from Pixabay

Penting buat kamu, 5G Rilis di RI Pengguna Smartphone harus siapkan ini

Walaupun di 5G Rilis di RI sampai sekarang belum siap, tetapi banyak vendor smartphone dengan berbagai merk sudah merilis ponsel 5G mereka. Product marketing IT Samsung Taufiq Furqan memberikan penjelasan untuk hal ini, sebagai bentuk persiapan dalam menjajal jaringan 5G nantinya yang hadir di Tanah air.

Pengguna smartphone yang saat ini sudah membeli produk dengan spesifikasi jaringan 5G hanya cukup update software saja jika nantinya 5G sudah hadir di Indonesia.

Bagaimana cara mencoba 5G di Indonesia?

Ketika sudah hadir jaringan 5G di Tanah air kita, maka pengguna smartphone yang sudah dulu mempunyai ponsel jaringan 5G tinggal melakukan update software saja.

Contohnya jika telkomsel sudah mendukung 5G maka perlunya update software pada ponsel untuk meng-unlock jaringannya agar bisa ditangkap oleh smartphone tersebut.

Diprediksi pilihan ponsel 5G akan beragam, dan ditunggu saja untuk kehadiran beberapa vendor untuk merilis ponsel unggulan mereka dalam mengkampanyekan jaringan baru di Tanah air.

5G sendiri akan digadang gadang memberikan kemudahan pengguna dalam meningkatkan kualitas resolusi dalam streaming video, biasanya 4G sendiri mampu melakukan streaming video dengan kualitas maksimal 1080p hingga 4K.

Baca Juga  10 Smartphone 5G Murah dan Berkualitas di Indonesia

Jaringan 5G Telkomsel akan segera meluncur

Pada jaringan 5G sendiri akan lebih cepat dalam mengakses video tanpa adanya buffering dengan kualitas HD. Bukan hanya kecepatan dalam streaming, Gamer sendiri akan dimanjakan dengan pengalaman bermain game yang lebih modern dengan mulainya hadir cloud gaming.

5G memiliki jaringan dengan latensi rendah yang akan membuat pengalaman dalam bermain game menjadi lebih smooth dan tidak terjadi lag.

Latensi rendah pada teknologi 5G membuat kualitas dalam virtual meeting, video call menjadi lebih jernih dan beresolusi tinggi. Kecepatan unduh akan menjadi hal yang paling disukai banyak pengguna internet dengan kecepatan yang powerfull. 

Jadi kapan 5G akan hadir di Indonesia, masih belum ada kabar pasti mengenai tanggalnya. Kita tunggu saja karena membutuhkan waktu yang lama dalam mewujudkan jaringan 5G merata di Indonesia.

Di Jabodetabek jaringan 5G Telkomsel akan mencoba meluncur dengan beberapa wilayah target seperti wilayah Kelapa Gading, Pantai Indah Kapuk, BSD, Alam sutera dan Widya Chandra.

Daftar Ponsel 5G di Indonesia

Vivo X60 dan Vivo X60 Pro

Vivo X60 dan X60 Pro merupakan flagship dari vivo sebagai ponsel 5G yang mempunyai spesifikasi gahar yang dibenamkan untuk persiapkan dalam jaringan 5G di Indonesia.

Baca Juga  Pinjaman Online Cepat Cair dengan Mudah dan Praktis

Fitur seperti Chip Qualcomm Snapdragon 870 5G, kapastias penyimpanan internal 128GB dengan RAM 8GB dan dukungan baterai daya 4.300 mAh. Baterainya sendiri sudah mendukung fast charging 33watt yang membuat kecepatan dalam charge akan singkat.

Oppo A74 5G

Oppo A74 5G merupakan seri pertama oppo untuk ponsel 5G dengan harga yang terjangkau dengan harga 3Jtan Berkat dibenamkannya Chip dari Snapdragon 480 5G yang mendukung jaringan 5G.

Termasuk band 40 atau frekuensi 2300 Mhz.Ponsel ini sudah mendukung 5G untuk operator Telkomsel yang bisa kamu coba untuk merasakan jaringan cepat.

Samsung Galaxy A32 5G

Samsung sendiri meluncurkan ponsel 5G di tanah air dengan harga menengah keatas diatas 3jt yang mendukung RAM 8GB dan Internal Storage 128GB. Prosesornya sendiri menggunakan Mediatek Dimensity 720 dengan kapasitas baterai besar 5000 mAh dilengkapi fast charging sebesar 15Watt.

Itulah beberapa ponsel 5G yang sudah bisa kamu beli di beberapa toko online atau offline yang tersedia dikota terdekat. Bersiap untuk memulai teknologi lebih canggih? Jangan lupa tulis juga pendapatmu tentang jaringan 5G yang akan hadir di Indonesia.