5G di Indonesia
Photo by Frederik Lipfert on Unsplash

Kapan 5G Masuk di Indonesia, Kelebihannya Apa?

Pertanyaan seputar kapan 5G masuk di Indonesia menjadi pertanyaan banyak orang karena beberapa negara di dunia sudah punya. Jaringan ini merupakan generasi berikutnya dari konektivitas internet seluler, dengan menawarkan kecepatan lebih cepat dan koneksi andal.

Penggabungan teknologi jaringan mutakhir dan perangkat berspesifikasi tinggi terbaru, 5G hadir menawarkan koneksi yang jauh lebih cepat daripada teknologi seluler pendahulunya 4G, itu datang dengan kecepatan unduh rata-rata sekitar 1Gbps.

Jaringan tersebut diharapkan dapat meningkatkan teknologi Internet of Things, menyediakan infrastruktur semakin terhubung hingga membawa sejumlah besar data, untuk dunia lebih cerdas dan lebih terhubung dari yang sudah pernah ada.

Semua barang di dunia termasuk jaringan 5G Indonesia tujuannya untuk menghubungkan banyak sensor pada banyak gadget. Konektivitas ini memungkinkan operator apa yang terjadi di rumah, kota, atau di mana saja secara real-time melalui internet.

Keuntungan dan Kelebihan yang Dimiliki 5G

Jaringan 5G telah diluncurkan di seluruh dunia dengan penyedia yang menawarkan teknologi konektivitas di berbagai negara maju seluruh dunia. Jaringan masih berkembang, dan operator terus melanjutkan rencana memperluas pengaturan saat ini.

Banyak dari jaringan ini bekerja bersama dengan teknologi 3G dan 4G yang ada sekarang untuk menyediakan koneksi lebih cepat secara online di manapun kamu berada. Indonesia sendiri baru merilis 5G pada bulan Mei tahun 2021 baru-baru ini.

Baca Juga  Lakukan Cek Kuota Tri dengan Cara Berikut Ini

Jaringan ini sudah tersedia di banyak negara, termasuk Indonesia namun itu hanya akan berfungsi jika ponsel sudah 5G. HP 5G di Indonesia dan negara lain yang sudah dibekali kemampuan ini ialah Samsung Galaxy S20, S10 5G, Note 10 Plus 5G, dan LG V50 ThinQ 5G.

Merek ponsel OnePlus 7 Pro 5G, Moto Z4, Moto Z3, Moto Z2, Oppo Reno 5G, Xiaomi Mi Mix 3 5G, Huawei P40, Huawei P40 Pro, Sony Xperia 1 II, Nokia 8.3 5G, dan juga beberapa perangkat kelas menengah dengan jaringan 5G tersedia.

Keluaran terbaru dari produsen ponsel Apple juga membekali produknya dengan kemampuan jaringan 5G. Artinya memang koneksi ini adalah bagian masa depan sehingga menjadi fitur yang banyak disematkan dan terus dikembangkan.

Kecepatan jaringan 5G Indonesia akan bervariasi antara lokasi, operator, dan perangkat, tetapi secara keseluruhan kecepatan internet rata-rata yang bisa diharapkan akan jauh lebih besar daripada 4G. Itu memiliki kecepatan unduh dan unggah lebih cepat.

Kelebihan lainnya akan memungkinkan streaming konten online yang lebih lancar, panggilan suara dan video berkualitas lebih tinggi, koneksi seluler lebih andal, jumlah perangkat IoT saling terhubung lebih banyak, memperlukan teknologi canggih seperti mobil self-driving, dll.

Baca Juga  7 Aplikasi Edit Produk Jualan Online yang Banyak Digemari

Jaringan 5G juga aman, baik dari segi radiasi, penelitian menunjukkan tidak ada bukti ilmiah tentang risiko apapun. Bahkan ditemukan bahwa emisi medan elektromagnetik (EMF) dari 5G ada pada tingkat aman.

Jaringan 5G Indonesia Masih Harus Mengembangkan Infrastruktur

Setelah negara tetangga sudah merilis jaringan paling mutakhir ini, pemerintah melalui Kominfo menginformasikan bahwa ada 13 wilayah di Indonesia yang akan memperoleh jaringan 5G, ini sudah mulai rilis tanggal 27 Mei 2021 dan terus masih dikembangkan.

Masih dalam tahap permulaan, Indonesia masih harus mengembangkan infrastruktur untuk mendukung penerapan jaringan 5G ini bisa digunakan secapa optimal. Jakarta dan daerah sekitar yang menjadi target pertama implementasi ini.

Kapan 5G Masuk ternyata sudah pernah Uji Coba

Jaringan 5G masih ada untuk 6 wilayah saja, dengan menggunakan operator Telkomsel, yakni di Kelapa Gading, Alam Sutera, BSD, PIK, Widya Chandra, dan rencana selanjutnya akan ada implementasi di Bandung, Medan, Balikpapan, Batam, dan beberapa kota besar.

Telkomsel adalah operator resmi pertama yang menggelar pelayanan jaringan 5G, namun masih sangat terbatas. Masyarakat secara umum belum bisa bebas menikmati 5G Indonesia, itu perlu banyak perbaikan infrastuktur pendukungnya.