Domain gratis
Image by Markus Winkler from Pixabay

Apa Itu Domain, Tips Membeli Domain dan Hosting Murah

Apa Itu Domain? Nama domain merupakan alamat situs web yang kamu gunakan di internet, sebagai tempat orang dapat mengakses situs web tersebut. Ini akan diketik pengguna internet di bilah URL browser untuk mengunjungi sebuah situs.

Kebanyakan pemula biasanya akan kesulitan membedakan antara domain dan hosting, bahkan berpikiran keduanya serupa, padahal memang sering datang bersama. Tetapi untuk diketahui, hal tersebut terpisah, keduanya diperlukan bersama untuk membuat situs web.

Keduanya memiliki cara kerja berbeda serta tujuan beda. Domain memiliki dua bagian yang dipisahkan oleh titik, bagian pertama sebagai nama merek dengan kombinasi huruf dan angka, sementara bagian kedua berupa ekstensi seperti domain com, .org, .net, domain id.

Setiap domain merupakan alamat web unik satu dengan lain. Ini berarti hanya ada satu nama tertentu di dunia. Mengingat internet tidak lebih dari kumpulan besar komputer yang terhubung ke jaringan telekomunikasi, setiap data membentuk situs web.

Mengenal Apa itu Domain Sebenarnya

Sebelum mempelajari hal lainnya untuk membangun situs web yang bagus, kamu harus mempersiapkan dan membuat situs dengan benar. Artinya langkah dan tahapannya sebaiknya dilakukan secara tepat demi keuntungan di masa depan.

Baca Juga  5 Aplikasi Konsultasi Dokter Online Gratis yang Terbaik

Bicara tentang membuat situs web, maka nama dan host domain ialah bagian pertama yang harus kamu pahami. Ketika baru pertama kali berpikir untuk memulai bisnis online, maka membeli domain ibarat alamat perusahaan tersebut secara online di internet.

Analoginya seperti ini, jika pebisnis menyewa ruang di lokasi fisik untuk bisnisnya, maka kamu memerlukan alamat untuk memberi pelanggan alamat jalan kantor sehingga mereka dapat menemukannya.

Jika kamu menyewa ruang di internet, maka pemilik akan memberi pelanggan nama. Jadi setiap kali seseorang mengetik alamat domain, itu nantinya akan diubah menjadi alamat IP. Perusahaan hosting kemudian menempatkan semua file jika diminta browser.

Pencari yang terhubung ke alamat IP akan mendapatkannya dari perusahaan hosting dan mengembalikan semua gambar, video, dan kata-kata dari situs web ke tempat semula. Sama seperti setiap alamat jalan yang unik, demikian juga setiap alamat domain.

Tidak ada nama yang serupa, dan kamu bahkan perlu untuk memperbaharuinya secara berkala, biasanya jangka waktu satu tahu. Setiap kali memulai situs web baru, kamu mendapatkan kesempatan memilih domain gratis yang mencerminkan merek situs.

Beli Domain dan Web Hosting Murah

Domain dan web hosting adalah dua hal yang berbeda, namun terhubung erat. Kamu membutuhkan nama domain dan akun hosting web untuk membuat sebuah situs web. Ini berarti tanpa salah satunya, sebuah situs web tidak dapat tercipta.

Baca Juga  Begini Cara Download Sertifikat Vaksin Tahap 1 dan 2 Mudah dan Aman

Untuk memulai, kamu perlu memilih domain dan mendaftarkannya ke perusahaan pencatat domain. Sebagian besar perusahaan domain, masa berlaku setelah mendaftarkan domain adalah jangka waktu minimal 1 tahun, sehingga perlu diperbarui.

Baru kemudian, kamu dapat membeli paket hosting dan menautkannya dengan domain sebelumnya. Setelah itu, baru bisa menginstal perangkat lunak situs web, seperti WordPress misalnya, menginstal alat dan plugin, hingga melakukan postingan konten ke situs web.

Kamu dapat membeli domain dan akun hosting dari perusahaan yang sama atau dari perusahaan berbeda untuk keperluan situs. Jika domain dan hosting dari perusahaan sama, maka proses penyiapan menjadi sedikit lebih mudah.

Karena pemohon tidak perlu mengubah setelan nama apapun. Untuk menemukan layanan domain dan hosting dengan biaya yang wajar sekaligus mudah, perusahaan telah banyak menawarkan paket hosting dengan domain secara gratis.

Semakin kamu teliti mencari perusahaan yang tepat, maka proses penyiapan situs web menjadi lebih mudah dan bahkan akan menghemat banyak uang. Namun mendaftarkan nama dari perusahaan domain Indonesia lain juga mungkin, tetapi pilih perusahaan bereputasi.

Pencarian Berdasarkan Kata Kunci

DOMAIN MURAH