Cara membuat wordpress pemula
Photo by Stephen Phillips - Hostreviews.co.uk on Unsplash

Cara Membuat WordPress Menjadi Lebih Menarik

Sebelum mengetahui Cara membuat WordPress sebelumnya simak apa itu WordPress. Wordpress adalah sebuah platform pembuatan website yang telah ada sejak 2003 lalu. Kemunculan platform ini tidak terlepas dari ditutupnya software blogging b2/cafeblog. Sejak saat ini platform ini terus berkembang.

Platform ini sendiri bersifat open source, Artinya setiap orang dapat menggunakannya secara gratis dan tanpa beban biaya. Bahkan, pengguna dapat memodifikasi platform ini sesuai kebutuhan dengan menyediakan beberapa plugin.

WordPress sendiri bisa kamu install di Hosting pilihan kamu sendiri untuk menyimpan database sehingga bisa aman. Selain pemilihan Hosting, anda juga bisa custom Domain dengan membeli di situs penyedia domain murah atau bahkan domain gratis untuk bisa anda gunakan di blog wordpress anda.

Jika dilihat, sebanyak 30% website dan landing page di dunia menggunakan CMS WordPress. Sifatnya yang open source mempermudah pengguna untuk mendesain tampilan websitenya. Apalagi banyak plugin yang dapat ditambahkan.

Cara Membuat Blog WordPress Menarik

Sifatnya yang dapat dimodifikasi membuat banyak website dibuat dengan sangat menarik. Kamu juga dapat melakukannya menggunakan beberapa cara. Berikut beberapa cara yang dapat membuat WordPress tampil lebih menarik dan profesional.

Memilih Tema yang Tepat

Meskipun menggunakan tema default, kamu tetap dapat membuatnya jadi lebih menarik. Editor Gutenberg adalah salah satu cara membuatnya lebih profesional. Meskipun tema default memiliki batasan tersendiri dalam mengubah beberapa hal.

Baca Juga  Apa Itu Hosting? Penjelasan Mudah untuk Pemula

Namun, sebenarnya ada banyak sekali WordPress theme yang dapat digunakan, baik gratis maupun berbayar. Selain itu, direktori tema dari pihak ketiga juga bisa kamu gunakan untuk mempercantik tampilan website.

Namun, dalam memilih tema kamu harus memperhatikan website mobile friendly. Itu akan membuat website tersebut compatible di berbagai device. Termasuk smartphone yang memiliki sistem operasi dan RAM rendah.

Pemilihan Warna

Secara teknis, pemilihan warna akan menjadi identitas penting dari website itu sendiri. Sebagai contoh, website milik perusahaan ekspedisi memiliki warna yang sama dengan identitas mereka.

Beberapa perusahaan otomotif juga memilih warna yang khas untuk diterapkan pada website tersebut. Para web development juga menggunakan wordpress plugin demi mendapatkan warna yang sesuai dengan identitas mereka.

Bahkan, beberapa orang mulai membangun identitas melalui warna. Namun, kebanyakan website menggunakan warna dasar putih. Ini dipakai karena lebih sederhana dan lebih website mobile friendly untuk berbagai device.

Mengatur Beranda

Beranda yang menarik akan membuat pengunjung menjelajahi website dengan lebih dalam. Beranda sangat penting, baik dinamis atau statis demi meningkatkan desain website supaya terlihat jauh lebih profesional.

Sebenarnya, tema default akan memberikan tata letak yang lebih sederhana. Namun, dengan memanfaatkan berbagai plugin dan peralatan lain, kamu dapat mengembangkannya. Cukup memasang beberapa plugin yang sesuai dan cocok.

Baca Juga  Mengenal Apa itu Landing Page dan Cara untuk Membuatnya

Buatlah kesan menarik pada beranda untuk meningkatkan impresi pengunjung. Beberapa cara yang dapat kamu lakukan adalah menambahkan slide hingga kuis. Hal sederhana dari WordPress installer ini sangat membantu pengembangan website.

Tombol Navigasi yang Mudah

Tombol navigasi dipakai untuk mempermudah pengunjung melihat halaman lain. Hal ini juga berkaitan dengan beranda atau tata letak website. Buatlah navigasi yang mudah dilihat dan tidak menyulitkan pengunjung.

Menu default sebenarnya dapat digunakan karena lebih mudah dan sederhana. Namun, jika ingin tampilan lebih atraktif bisa menambahkan editor lain. Salah satunya dapat kamu tambahkan Tentang Kami atau Blog.

Memasang Favicon

Default WordPress akan menampilkan favicon menggunakan logo W. Ada baiknya jika mengunggah favicon sendiri ketika telah memiliki domain sendiri. Ini juga penting demi identitas website tersebut menunjukkan identitas kamu.

Kamu dapat memakai logo buatan sendiri untuk branding kepada pengunjung. Namun, gambar untuk favicon harus jelas dan berbentuk kotak. Selain itu, ukuran gambar juga perlu kamu perhatikan supaya sesuai ketentuan.

WordPress memang banyak dipakai hingga sekarang. Banyak orang memiliki domain sendiri dengan mendesain website miliknya. Dengan WordPress Indonesia ini kamu dapat membuat tampilan website jauh lebih menarik dan juga profesional.