Membuat aplikasi tanpa coding
Photo by Rob Hampson on Unsplash

Cara Membuat Aplikasi Android Tanpa Coding dengan Mudah

Bukan rahasia umum bahwa aplikasi android saat ini tersedia dalam jumlah jutaan. Pengguna sistem operasi ini juga menjadi yang terbesar di dunia. Tidak heran jika aplikasinya lebih banyak dan membuat penasaran cara membuat aplikasi android tanpa coding.

Di tahun 2020 saja, pengguna android telah menyentuh angka 85% di seluruh dunia. Artinya, pengembangan aplikasinya juga tidak sedikit. Ada ribuan developer yang berusaha menyediakan aplikasi bagi pengguna android.

Kesempatan ini juga perlu dimanfaatkan oleh kamu jika ingin ikut berpartisipasi. Tenang, membuat sebuah software tidak harus selalu lewat coding. Tetap ada beberapa cara yang dapat kamu lakukan tanpa coding.

Cara Membuat Aplikasi Android dengan Mudah

Meskipun tanpa coding, sebenarnya membuat software masih tetap dapat dilakukan. Kamu bisa menggunakan beberapa software khusus atau website tertentu. Berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan untuk menciptakan software.

AppMakr

Menggunakan desain antarmuka yang simpel dan sederhana, AppMakr menjadi cara pertama untuk kamu. AppMakr sendiri merupakan aplikasi dengan dukungan lebih dari 10 bahasa internasional, termasuk Bahasa Indonesia.

Untuk membuatnya, kamu hanya perlu melakukan drag and drop terhadap setiap komponen. Setiap perubahan yang dilakukan usahakan untuk menyimpannya. Dengan begitu projek pembuatan software dapat selesai dengan maksimal.

Baca Juga  Aplikasi Penghasil Uang 2021 Tanpa Modal Cara Kerjanya Mudah

Sayangnya, setiap projek pembuatan software selesai, maka akan muncul iklan dari AppMakr. Versi berbayar dapat menghilangkan iklan AppMakr. Kamu hanya perlu membayar USD1/bulan untuk setiap user.

Appery.io

Jika ingin menggunakan website, maka Appery.io dapat kamu jadikan sebagai rekomendasi terbaik. Secara teknis, Appery.io menyediakan beragam fitur menarik seperti backend service. Fitur tersebut langsung terintegrasi dengan API Plugin.

Appery sendiri memberikan desain antarmuka melalui tampilan Javascript. Proses pembuatan setiap software juga menjadi lebih cepat. projek pengerjaan setiap aplikasi juga lebih bervariasi, bukan hanya android.

Menariknya, software hybrid, web apps hingga progresive web apps juga dapat dikerjakan melalui Appery.io. ada 5 tahap mulai dari memilih tamplate hingga build mobile app and deploy web apps.

MIT App Inventor

Dikembangkan oleh salah satu kampus ternama dunia, MIT App Inventor diciptakan untuk membantu para pemula. Basis dari block based programming memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk menciptakan software sendiri.

Jika dihitung sejak kemunculannya, MIT App Inventor telah memiliki lebih dari 8 juta pengguna. Menariknya, software yang telah diciptakan mencapai lebih dari 34 juta dengan biaya pembuatan gratis.

MIT App Inventor mengandalkan desain antarmuka yang sederhana. Tidak ada banyak menu sehingga tidak membingungkan. Pengguna hanya perlu melakukan drag and drop pallate dan menyelesaikan projek pengerjaan.

Baca Juga  5 Aplikasi Streaming Bola Resmi Terbaik

App Pie

Android studio selanjutnya adalah App Pie yang dapat digunakan dengan 2 versi, berbayar dan gratis. Versi berbayar dapat digunakan mulai dari USD18/bulan untuk paket basic. Sedangkan paket premium adalah USD60/bulan.

Kamu tidak harus langsung membayar ke pengembang. Ada paket trial terlebih dahulu untuk mencoba berbagai menu dan template. Setelah itu kamu dapat melanjutkan untuk membuat projek sendiri.

Ada banyak pilihan yang disediakan oleh App Pie. Selain aplikasi, App Pie juga menyediakan pembuatan task automation, chatbot, hingga pembuatan website. Jadi sangat cocok untuk pemula.

Jagel.id

Jika ingin menggunakan aplikasi tanpa coding buatan dalam negeri, Jagel.id dapat kamu jadikan alternatif. Menggunakan Jagel.id artinya kamu tidak harus mengerti bahasa asing atau bahasa pemrograman.

Faktanya, banyak aplikasi di Indonesia telah memanfaatkan Jagel.id. Beberapa software ojek online hingga online shop kebanyakan dibuat melalui Jagel.id. Bahkan, semua hasil dari Jagel.id telah support untuk Google Playstore.

Membuat software tanpa coding ternyata bisa dilakukan dengan mudah. Banyak website atau aplikasi untuk membuatnya. Dengan cara mudah membuat aplikasi android, kamu bisa belajar tentang dunia software.