Cara Instagram Dark Mode
Photo by Alexander Shato on Unsplash

Tutorial Mengaktifkan Dark Mode Instagram dengan Mudah

Beberapa orang mencari Tutorial Mengaktifkan Dark Mode karena menilai bahwa Instagram mode gelap atau darkmode jauh lebih menarik. Tampilan hitam polos terlihat lebih elegan. Di sisi lain, mode ini memberikan user experience yang berbeda.

Darkmode jika dilihat dari berbagai sisi lebih nyaman dipakai. Mata tidak merasa terbebani dengan cahaya putih pada mode biasa. Mata juga bisa lebih toleran meskipun menggunakan darkmode dalam waktu lama.

Darkmode sendiri dapat diterapkan di berbagai device, dari android hingga IOS. Bahkan, kamu dapat menerapkan mode tersebut di komputer. Lalu, bagaimana cara mengaktifkan mode tersebut?

Cara Mengaktifkan di IOS Cukup Mudah

Instagram darkmode di smartphone berlogo apel tersebut sebenarnya cukup mudah digunakan. Sayangnya, kamu harus sudah menggunakan IOS 13 jika ingin memakai darkmode. IOS generasi dibawahnya belum memiliki fitur darkmode.

  1. Pertama, kamu harus memiliki aplikasi tersebut. Kemudian buka aplikasi Instagram yang telah kamu unduh sebelumnya. Aplikasi ini ada 2 versi, versi resmi dan kedua adalah versi lite.
  2. Kedua, setelah membuka aplikasi Instagram, buka menu Setting. Ini adalah menu di mana kamu dapat melakukan banyak pengaturan. Pilih menu Display and Brightness untuk mengganti mode.
  3. Tampilan darkmode dapat kamu ubah setiap saat pada menu tersebut. Jika sudah bosan dengan darkmode, maka dapat mengubahkan ke mode awal. Sesuaikan saja dengan selera ketika ingin menggunakan Instagram.
Baca Juga  Cara Mudah Daftar Doku Wallet dengan Baik dan Benar

Pengaturan tersebut secara otomatis akan mengubah warna layar menjadi hitam. Tampilan Home maupun Account juga akan berganti warna menjadi hitam. Begitupun tampilan pada fitur Timeline dan yang lainnya.

Cara Instagram Dark Mode Android

Untuk android, sebenarnya hampir sama dengan ketika kamu menggunakan IOS. Pengaturan yang perlu dilakukan juga tidak terlalu rumit. Setiap orang tentu akan dapat melakukan pengaturan dengan sangat mudah.

  1. Langkah pertama adalah memiliki aplikasi terlebih dahulu. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis atau tanpa perlu membayar. Ini adalah salah satu aplikasi sosial media paling populer di dunia.
  2. Kedua, pergi ke menu Pengaturan atau Setting. Setelah itu, cari menu Display and Brightness. Letak menu ini biasanya tergantung dari jenis atau merek device yang sedang kamu gunakan.
  3. Terakhir, pilih menu Dark Mode untuk menerapkan warna hitam sebagai latar halaman Instagram. Di beberapa device, menu Display and Brightness tidak ada. Namun, diganti dengan menu Theme.

Secara teknis, fitur untuk mengubah latar halaman ada pada menu Display and Brightness. Namun, beberapa smartphone menggunakan menu Theme. Jadi, sesuaikan saja dengan smartphone yang kamu miliki.

Baca Juga  Cara Mendapatkan Uang dari Aplikasi TikTok dengan Mudah

Syarat Utama Menggunakan Dark Mode Instagram

Setiap sistem operasi device memiliki persyaratan untuk dapat menggunakan fitur tersebut. Baik IOS maupun android harus memenuhi syarat tersebut. Jika tidak, maka fitur tersebut tidak dapat kamu gunakan.

Sistem operasi

Salah satu syarat mutlak yang harus dipenuhi adalah sistem operasi. Setiap sistem operasi akan diperbarui menggunakan generasi yang lebih baru. Sistem operasi generasi terbaru memiliki dukungan untuk beragam fitur aplikasi.

IOS memiliki syarat IOS 13 jika ingin menggunakan fitur dark mode. Sedangkan android setidaknya harus memiliki OS android 10. Ini adalah syarat mutlak yang perlu kamu tahu.

Update fitur

Selain sistem operasi, update aplikasi adalah syarat paling penting. Adanya update salah satunya adalah untuk menambah fitur baru. Begitu juga dengan adanya fitur dark mode di Instagram.

Jika aplikasi Instagram tidak di update, maka pembaruan fitur juga tidak dapat dipakai. Menu untuk mengganti latar halaman bahkan tidak ada. Oleh sebab itulah melakukan update juga sangat perlu.

Instagram adalah salah satu sosial media paling populer di dunia. Ada beragam fitur menarik untuk setiap penggunanya. Salah satunya adalah fitur mengganti latar halaman menjadi dark mode Instagram.