Apa itu NFC

Mengenal Apa Itu NFC dan Berbagai Macam Fungsinya

Teknologi smartphone terkini dilengkapi dengan NFC, namun apa itu NFC? Belum banyak orang tahu betul terkait fitur terbaru tersebut. Singkatnya adalah near field communication yang memberikan jalan bagi beberapa smartphone melakukan komunikasi jarak dekat.

Salah satu contohnya adalah kemampuan untuk mengisi daya tanpa kabel. Sebenarnya teknologi ini sudah lumrah pada smartphone. Harga yang dibanderol dari gadget dilengkapi fitur tersebut juga terbilang murah serta hadir dalam berbagai jenis merk tertentu.

Mulai dari brand kenamaan asal Korea Selatan hingga brand lebih merakyat dari China sudah melengkapi kebutuhan komunikasi dengan NFC. Pemanfaatan fitur tersebut tergantung prioritas setiap pengguna, ada yang untuk komunikasi primer, ada juga yang untuk hobi.

Handphone yang dilengkapi dengan fitur NFC merupakan perangkat yang kamu butuhkan guna menunjang berbagai kegiatan masa kini. Bukan hanya menyoal selfie, namun juga sekarang ini sudah banyak pekerjaan bisa dilakukan cukup melalui handphone saja.

Pengertian Teknologi NFC yang Perlu Diketahui

Apa itu NFC? NFC adalah sebuah bukti perkembangan ilmu pengetahuan manusia akan teknologi yang mulai diperkenalkan pada tahun 1983 oleh Charles Walton. Pada saat itu teknologi belum secanggih saat ini, maka dapat dibayangkan betapa perkembangannya sangat pesat seiring waktu.

Baca Juga  Pilihan 10 HP Murah untuk Game yang Sedang Populer

Singkatnya, dengan bahasa mudah bahwa NFC merupakan sebuah sarana bagi dua gadget untuk melakukan komunikasi jarak dekat. Jika dicontohkan kembali, katakan saja ketika kedua orang mengirim file menggunakan bluetooth atau shareit dengan protokol tertentu.

Meskipun untuk pertama kali rilis pada tahun 1983, namun dalam pengaplikasian pada smartphone, near field communication ini untuk pertama kalinya digunakan tahun 2010. Kala itu handphone Samsung Nexus S yang pertama kali menggunakan fitur tersebut.

Jika dijabarkan, maka HP NFC memiliki tiga jenis mode, diantaranya reader atau writer untuk membaca informasi. Kedua, ada card emulation untuk pembayaran digital. Ketiga ada peer to peer yang sifatnya sebatas untuk melakukan pengiriman file jarak dekat.

Mengetahui Fungsi NFC pada Smartphone

Sudah ada sejak tahun 90-an dan masih dipertahankan sampai saat ini oleh berbagai brand smartphone di dunia. Lantas, apa saja fungsi dari fitur tersebut? Jawabannya banyak, namun kami hanya akan merangkum beberapa untuk kamu ketahui:

  1. Memudahkan handphone untuk bisa tersambung ke perangkat lain. Dalam hal ini, ambil saja contoh tersambungnya perangkat NFC android ke pc untuk mengirim file.
  2. Proses kirim dokumen, foto, lagu, dan sejenisnya menjadi lebih mudah dengan adanya fitur near field communication.
  3. Sebagai metode pembayaran non-tunai yang kini banyak digunakan dan diandalkan dibandingkan dengan pembayaran cash karena dianggap lebih aman, praktis, serta nyaman.
  4. Teknologi NFC menjadi salah satu sarana untuk membaca informasi smart card, seperti mengetahui jumlah saldo e-toll saat bepergian.
  5. Melalui satu kali sentuhan saja, kamu bisa memainkan musik dari adanya fitur near field communication tersebut.
  6. Sekarang ini banyak muda-mudi suka sekali menginformasikan lokasi dimana mereka berada ke media sosial. Tahukah kamu bahwa akses tersebut salah satunya didukung oleh adanya NFC?
  7. Terbaru, bisa digunakan sebagai perangkat yang otomatis membuka kunci pintu kamar maupun pintu mobil.
  8. Yang tidak kalah penting adalah memberikan kemudahan bagi para pengguna smartphone untuk terhubung ke koneksi internet nirkabel atau wifi.
Baca Juga  Penting buat kamu, 5G Rilis di RI Pengguna Smartphone harus siapkan ini

Banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan dari perkembangan teknologi di masyarakat kita saat ini. Peranan NFC murah pada berbagai gadget mendukung kebutuhan masyarakat modern sekaligus membantu para pemilik gadget menyesuaikan diri dengan kondisi zaman.