Apa itu saham

Apa Itu Saham? Simak Pengertian, Keuntungan dan Risikonya

Sudahkan Anda memahami pengertian apa itu saham, jenis-jenisnya dan keuntungan serta risikonya? Sebagai salah satu jenis investasi sebaiknya Anda pelajari dulu secara detail sebelum menggunakannya.

Membahas tentang jenis investasi satu ini memang sangat erat kaitannya dengan IHSG real time. IHSG dijadikan indikator pergerakan harga saham-saham secara menyeluruh yang tercatat real time di BEI.

Agar Anda lebih mudah memahami tentang saham maka simak pengertian serta jenis-jenisnya berikut ini. Ketahui juga tentang keuntungan sekaligus risikonya sehingga dapat menjadi dasar pertimbangan dalam berinvestasi.

Sekilas Tentang Pengertian Apa itu Saham dan Jenis-Jenisnya

Saham adalah surat berharga yang dapat dijadikan sebagai bukti pemilik modal dalam sebuah perusahaan. Jika Anda memiliki saham berapapun jumlahnya maka dapat dikatakan menjadi pemilik aset perusahaan tersebut.

Contoh sederhananya jika perusahaan menerbitkan 100 lembar sahamnya kemudian Anda memiliki 20 lembar. Maka Anda memiliki hak kepemilikan atas aset perusahaan sebesar 20% dan untuk pemegang mayoritas diberikan hak kendali.

Keuntungan yang didapatkan para pemilik saham tersebut berupa deviden sesuai jumlah modal ditanamkan. Deviden merupakan keuntungan yang dibagikan kepada pemilik saham sesuai aturan dan kesepakatan bersama.

Baca Juga  Aplikasi Penghasil Uang 2021 Tanpa Modal Cara Kerjanya Mudah

Semakin besar nilai sahamnya yang Anda miliki maka akan semakin banyak juga deviden didapatkan nantinya. Biasanya juga tergantung dari keuntungan yang didapatkan perusahaan semakin sukses maka semakin besar juga.

Mungkin Anda sering mendengar saham dijadikan sebagai sarana investasi menguntungkan dan lebih aman. Pahami dulu pengertian dari investasi saham adalah investasi dengan membeli surat berharga yang diterbitkan perusahaan.

Anda bisa memutuskan investasi untuk jangka pendek maupun jangka panjang dengan kelebihan serta kekurangan masing-masing. Jadi pelajari dulu secara detail agar tidak salah ketika mengambil keputusan investasi.

Berdasarkan jenisnya saham dibedakan menjadi dua yaitu saham biasa dan saham preferen. Simak sekilas penjelasan tentang kedua jenis ini sebelum Anda membeli saham untuk tujuan investasi.

  1. Saham biasa

Jenis ini memberikan hak kepada pemiliknya untuk memberikan suara ketika sedang diambil keputusan. Biasanya juga akan mendapatkan prioritas atau didahulukan ketika ada penerbitan saham baru.

  1. Saham preferen

Jenis ini tidak diberikan hak untuk memberikan suara ketika pengambilan keputusan. Namun akan mendapatkan prioritas lebih tinggi terhadap penghasilan dan aset seperti menerima deviden dulu.

Keuntungan dan Risiko dari Investasi Saham Online

Apapun jenis investasinya pasti akan memberikan keuntungan yang sebanding dengan risikonya. Jadi sebelum Anda beli saham pahami kedua hal ini agar bisa mengambil keputusan terbaik dalam investasi.

Baca Juga  Memahami Pengertian Kripto Secara Teori Sebelum Investasi

Saham menawarkan keuntungan dan risiko sangat besar dari kenaikan serta penurunan harga. Jika harga naik maka Anda akan mendapatkan keuntungan namun jika harga turun dibawah harga beli maka rugi.

Namun penurunan harga jarang terjadi jika Anda memilih perusahaan yang benar-benar tepat menjaga kinerjanya. Selama perusahaan tersebut masih baik-baik saja apalagi sampai mendapatkan keuntungan besar maka sahamnya juga aman.

Cara mengetahui waktu tepat mendapat untung di Saham

Anjloknya harga saham dipengaruhi banyak hal seperti kinerja menurun, ekonomi global dan daya beli masyarakat. Biasanya pemilik modal akan memilih perusahaan yang kinerjanya stabil seperti perusahaan milik pemerintah.

Selain dari kenaikan harga sahamnya, keuntungan bisa Anda dapatkan dari deviden yang dibagikan. Biasanya perusahaan memiliki aturan serta perhitungan sendiri terkait pembagian keuntungan deviden kepada para pemilik saham.

Semakin besar jumlah saham Anda miliki maka akan semakin banyak juga deviden yang Anda dapatkan. Jadi silahkan perhitungkan sendiri berapa banyak modal yang akan dimasukkan ke dalam investasi satu ini.

Saham memang selalu ramai diperbincangkan sebagai salah satu pilihan investasi dengan untung dan risiko sama besarnya. Saat ini Anda bisa membeli saham online sehingga investasi lebih mudah dan cepat.