Jenis Premi Asuransi

Apa yang Dimaksud dengan Premi Asuransi, Jenis, Tujuan?

Beberapa jenis premi asuransi dikelompokkan berdasarkan fungsinya yang disesuaikan dengan permintaan konsumen. Tujuan dari penggunaan proteksi tersebut adalah menghindari kemungkinan menderita kerugian dari segi finansial dalam jumlah besar.

Premi asuransi sendiri adalah kewajiban dari pemegang polis untuk membayar sejumlah uang, pada lembaga penyedia jasa proteksi sesuai dengan klausul kontrak. Lantas, seperti apa jenis dan tujuan penggunaan premi tersebut?

Jenis Premi Asuransi dan Tujuan Penggunaannya

Premi asuransi dibayarkan oleh para pemegang polis yang mencakup layanan sesuai dengan pilihan proteksi mereka, seperti perjalanan, kesehatan, mobil, rumah, jiwa, dan lainnya. Selengkapnya, simak ulasan di bawah berikut ini.

  1. Perlindungan dari kecelakaan diri

Beberapa perusahaan asuransi sering menawarkan produk berupa perlindungan diri dari resiko kecelakaan. Proteksi di sini bukan dimaksudkan untuk mencegah terjadinya musibah pada seseorang, tapi menawarkan perawatan jika mengalami insiden.

Asuransi kecelakaan mencakup perawatan pada cedera yang memenuhi syarat, termasuk anggota badan yang patah, kehilangan anggota badan, luka bakar. Ahli waris sah akan mendapat kompensasi jika pemegang polis meninggal dunia.

  1. Proteksi saat perjalanan

Berencana untuk terbang ke dalam maupun luar negeri? Pastikan biaya tiket pesawat Anda ditanggung oleh pihak asuransi jika terjadi keadaan darurat medis atau insiden lain, yang dapat menyebabkan perjalanan terganggu.

Baca Juga  Cara Mudah untuk Cek Sertifikat Vaksin

Premi semacam ini biasanya hanya digunakan oleh kalang tertentu yang memang sibuk bepergian untuk berbagai keperluan. Proteksinya mencakup kehilangan bagasi, kecelakaan, dan bahkan menutup biaya pengobatan selama asalkan dalam perjalanan.

  1. Mengasuransikan terhadap hewan peliharaan

Jenis premi asuransi ini termasuk kurang populer secara umum karena memang hanya ditujukan oleh pemilik hewan peliharaan. Biasanya, binatang-binatang tersebut merupakan jenis khusus dan harganya sangat mahal di pasaran.

Melunasi biaya asuransi hewan peliharaan mungkin lebih hemat dibandingkan membayar sekaligus ke dokter hewan. Terlebih jika binatang peliharaan tersebut membutuhkan perawatan medis seperti kunjungan ke ruang gawat darurat dan lainnya.

  1. Premi kesehatan

Proteksi kesehatan sangat dibutuhkan karena menjadi cara untuk meminimalisir resiko ketidakpastian seperti penyakit dan sebagainya. Cakupan dari perlindungan tersebut biasanya meliputi pembelian obat-obatan, perawatan darurat, hingga tindakan operasi.

Semua hal tersebut seringkali terjadi secara tidak terduga sehingga berpotensi menyebabkan terganggunya arus keuangan. Jika tidak dicover asuransi, tentu biaya kesehatan akan semakin membengkak dan tidak jarang harus meninggalkan utang.

  1. Premi asuransi jiwa

Jenis premi asuransi seperti proteksi jiwa bertujuan untuk meringankan beban keuangan bagi keluarga dan tanggungan lainnya, ketika pemegang polis telah meninggal dunia. Klaim dari perlindungan tersebut akan mencairkan sejumlah uang.

Baca Juga  Informasi Kapan Rilisnya Windows 11 dan Cara Installnya

Premi asuransi jiwa akan membayarkan sejumlah uang kepada ahli waris untuk menutupi biaya peninggalan almarhum pemegang polis. Penerima manfaat adalah pihak yang disebutkan secara sah dalam klausul kontrak seperti keluarga.

  1. Asuransi properti khusus

Pemegang polis dengan proteksi ini biasanya mempertahankan kondisi properti miliknya seperti rumah, mobil, mesin, dan sebagainya agar tetap bernilai tinggi, jika suatu saat mengalami kerusakan akibat kejadian tidak terduga sebelumnya.

Seperti rumah misalnya, pemilik akan merasa tenang karena struktur di sekitar propertinya teras, garasi, balkon, bahan bangunan dan sebagainya, akan dilindungi dan diganti jika suatu saat terkena bencana secara tiba-tiba.

Semua jenis proteksi pada dasarnya memiliki tujuan yang sama, yakni memberikan perlindungan kepada pemegang polis dari ketidakpastian sesuai dengan kebutuhannya. Hanya saja, memang diperlukan pengetahuan untuk mengenali jenis perlindungannya.

Mengenali beberapa jenis proteksi yang ditawarkan sangat penting agar aplikasinya sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Jenis premi asuransi seperti ulasan di atas, bisa menjadi referensi sebelum memutuskan untuk menggunakan produknya.