Sertifikat Vaksin
ILUSTRASI. Ilustrasi sertifikat vaksin Covid-19. KONTAN/Fransiskus Simbolon

Cara Download Sertifikat Vaksin via SMS dan Pedulilindungi

Cara download Sertifikat Vaksin COVID-19 sendiri sangat mudah dan ada 2 cara untuk mendownload sertifikatnya. Cara pertama adalah dengan langsung menuju ke situs PeduliLindungi dan cara kedua melalui Aplikasi PeduliLindungi yang tersedia di Playstore dan Appstore.

Saat kamu mendownload sertifikat sistem otomatis akan meminta ijin lokasi karena digunakan untuk tracing identifikasi yang memudahkan informasi terkait zona keramaian. Perlunya mengaktifkan lokasi / GPS pada ponsel kamu untuk mendukung langkah pemerintah dalam menekan penyebaran COVID-19.

Download dari Pedulilindungi dan SMS 1199

Semakin banyak masyarakat yang mengaktifkan lokasi di aplikasi PeduliLindungi sudah bisa dikatakan membantu pemerintah dalam program penanganan pandemi. Data kamu akan disimpan secara aman dan dienskripsi sistem pada aplikasi sehingga aman dari kebocoran data.

Baca Juga  Begini Cara Daftar GoPay dengan Mudah dan Memuaskan

Data kamu pada sertifikat vaksin COVID-19 akan dibutuhkan jika kamu memerlukan penanganan penting terkait virus ini. Kerahasiaan data sangat diutamakan oleh pemerintah sehingga tidak akan mudah bocor begitu saja.

Cara download Sertifikat ada 2 yaitu dengan PeduliLindungi.id dan Via SMS

Download Sertifikat Vaksin COVID-19 di PeduliLindungi.id

  • Langkah awal adalah dengan masuk ke situs pedulilindungi.id dan buatlah akun terlebih dahulu untuk keperluan login pedulilindungi.
  • Setelah melakukan pendaftaran akun di pedulilindungi maka tahap selanjutnya adalah login dan klik pada kolom nama kamu di pojok kanan atas.
  • Secara otomatis akan muncul data Sertifikat Vaksin Tahap 1 dan Tahap 2 yang bisa kamu unduh atau download jika kamu sudah melakukan vaksin sebanyak 2x.

Cara menyimpan didalam HP kamu hanya klik Download atau “Unduh Sertifikat” otomatis akan masuk ke dalam galeri kamu.

Baca Juga  Mengetahui Bagaimana Cara Mendaftar Bank Jago dengan Mudah

Download Sertifikat COVID-19 via SMS

  • Jika sebelumnya kamu pernah selesai melakukan vaksin COVID-19 Tahap 1 dan 2 akan ada SMS masuk dari 1199 berisi link Download Sertifikat Vaksin.
  • Untuk mendownload atau mengunduh sertifikat dari SMS adalah dengan cara tap pada link dari nomor 1199 kemudian kamu akan dibawa ke link download sertifikat pada browser kamu.
  • Setelah muncul gambar sertifikat vaksin COVID-19 kamu cukup simpan gambar tersebut ke galeri hp kamu.

Akhir kata kami menyarankan untuk kamu selalu simpan data sertifikat vaksin COVID-19 sesuai dengan yang teknojitu.com rangkum diatas. Lebih aman menyimpan didalam hp kamu dan tidak perlu mencetak karena rawan hilang dan tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.