Apa itu Bitcoin

Pengertian Bitcoin dan Tips Membeli Bitcoin Pemula

Pengertian Bitcoin menjadi bahasan menarik karena Tren bitcoin hari ini sepertinya sudah sangat marak, di kalangan investor pemula maupun yang sudah berpengalaman. Ramai langkah orang memanfaatkan kesempatan untuk mencari keuntungan dari mata uang kripto tersebut bukan hanya terjadi di Indonesia.

Beberapa negara sudah memiliki mesin khusus, seperti ambil contoh saja Amerika Serikat. Beberapa lainnya telah menerima mata uang kripto tersebut sebagai salah satu alat investasi digital. Di Indonesia, legalitasnya sendiri masih belum ada lampu hijau dari BI dan OJK.

Bitcoin bukan satu-satunya jenis mata uang kripto, kamu juga akan mengenai ethereum, litecoin, dan banyak lagi penamaan cryptocurrency lainnya. Tidak sedikit pemula tergiur, namun semuanya memerlukan edukasi bahwa sebaiknya investasi ini menggunakan uang dingin.

Memahami Pengertian Bitcoin Lebih Lanjut

Satoshi Nakamoto adalah nama samaran orang yang memperkenalkan apa itu bitcoin pada tahun 2009. Sampai sekarang meskipun nama orang yang memperkenalkannya belum diketahui pasti, namun sudah banyak orang tertarik berinvestasi dengan bitcoin.

Kemudahan teknik transaksi dengan kemajuan digital membuat orang dari belahan negara mana saja mudah melakukannya. Cukup dari tempat masing-masing, pembelian dapat dilakukan secara mudah dalam jangka waktu singkat, asalkan sebelumnya melakukan riset dulu.

Baca Juga  Penjelasan Trading Arbitrase dan Jenisnya

Mata uang kripto ini tidak tergantung pada satu penerbit sehingga memang butuh pengetahuan mendalam jika kamu seorang pemula. Tertarik dengan investasinya adalah hal baik, namun akan lebih baik jika sebelum berinvestasi, juga terlebih dahulu memahaminya.

Cara Menambang Bitcoin dengan Mudah

Mata uang kripto ini bisa didapatkan melalui berbagai cara, salah satunya menambang. Adapun langkah-langkah yang harus kamu lakukan untuk mining bitcoin adalah:

  1. Ikut serta dalam pool mining atau penambangan uang kripto dalam sebuah kolam bersama para penambang lainnya. Namun, jika mendaftarkan diri maka kamu harus mau berbagi keuntungan dengan para penambang tersebut.
  2. Jika tidak memiliki peralatan canggih atau ingin langkah penambangan simple maka kamu bisa menggunakan trik cloud mining. Cara ini memang mudah, namun sangat berisiko sehingga jangan terlibat jika tidak siap.
  3. Cara mining bitcoin lainnya adalah dengan solo mining, dimana kamu tidak perlu berbagi keuntungan seperti halnya pada penambangan di kolam bersama investor lainnya.
  4. Menggunakan aplikasi yang sudah terjamin kepercayaannya dan direkomendasikan oleh profesional.
Baca Juga  Cara Bermain Saham Online untuk Investasi Jangka Panjang

Dari berbagai cara penambangan uang kripto di atas, para bitcoin pemula tinggal memilih salah satu diantaranya. Bisa juga mengaplikasikan ketiganya untuk mendapatkan keuntungan maksimal. Namun, penting diingat untuk menggunakan dana dingin dalam berinvestasi.

Trik Jual Beli Bitcoin Bagi Pemula

Setiap orang harus memiliki strategi dalam membeli berbagai aset, termasuk salah satunya mata uang kripto. Terutama bagi pemula, berikut merupakan cara beli bitcoin yang sangat tepat jika tujuan utamanya keuntungan berlimpah:

  1. Pantau harga bitcoin melalui aplikasi terpercaya untuk mendapatkan informasi valid. Dengan begitu, kamu bisa menentukan arah investasi dan menghindari risiko seminim mungkin.
  2. Harus disadari betul bahwa dalam melakukan investasi, selain keuntungan pasti ada risiko di dalamnya. Agar persiapannya semakin matang maka buatlah manajemen risiko mendetail sebisa kamu.
  3. Lakukan pembelian secara bertahap, tidak masalah dalam jumlah kecil, asalkan konsisten demi menghindari hal tidak diinginkan.
  4. Pilih platform terpercaya karena ini yang akhirnya menjadi ujung tombak penyimpanan harta kekayaanmu dalam bentuk kripto.

Selalu memperbarui pengetahuan terkait mata uang kripto adalah hal wajib, bagi pemula atau profesional. Setiap harinya, harga 1 bitcoin berapa rupiah itu berbeda sehingga memang sebegitu pentingnya mengupgrade wawasan diri.